7 Sikap Mental yang Perlu dimiliki oleh Setiap Pengusaha Sukses

Ketika pabrik Thomas Edison terbakar habis pada tahun 1914, dimana menghancurkan beberapa prototipe dan kerusakan senilai US$23 juta, tanggapan Edison sangat sederhana, “Syukurlah semua kesalahan kita terbakar. Sekarang kita bisa mulai segar kembali.”

Reaksi Edison adalah lambang kekuatan mental, melihat peluang dan mengambil tindakan saat segala sesuatunya tampak suram. Ada kebiasaan yang bisa Anda kembangkan untuk meningkatkan kekuatan mental Anda sebagai pengusaha sukses.

Berikut ini adalah strategi yang dapat Anda gunakan untuk menguatkan mental Anda:

#1 Cerdas Secara Emosional

Kecerdasan emosional adalah lAndasan kekuatan mental. Kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk memotivasi dan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan hubungannya dengan orang lain. Orang yang cerdas secara emosi akan bersikap tegas dan mampu mengendalikan perilaku sehingga terbebas dari perilaku-perilaku negatif.

Tidak seperti IQ Anda yang tidak dapat diubah, EQ Anda adalah keterampilan yang fleksibel, yang dapat Anda tingkatkan dengan pemahaman dan usaha. Tidak mengherankan jika 90 persen pengusaha sukses memiliki EQ yang tinggi.

Daniel Goleman menemukan bahwa banyak juga orang yang gagal dalam hidupnya bukan karena rendahnya kecerdasan intelektualnya, tetapi karena kurang memiliki kecerdasan emosional.

#2 Percaya Diri

Sebuah studi baru-baru ini di Universitas Melbourne menunjukkan bahwa orang yang percaya diri akan terus mendapatkan upah yang lebih tinggi dan dipromosikan lebih cepat daripada yang dilakukan orang lain.

Sikap percaya diri sangat diperlukan dalam menjalankan segala sesuatu. Pengusaha yang bermental kuat akan percaya kepada kemampuannya dan memiliki pengendalian yang kuat atas keraguan dan kegelisahan. Kepercayaan diri mereka akan dapat mengilhami orang lain dan membantu mereka mewujudkan sesuatu.

 

#3 Berani Berkata Tidak

Penelitian yang dilakukan di UC Berkeley menunjukkan bahwa semakin Anda kesulitan berkata tidak, maka semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan stres, kelelahan dan bahkan depresi.

Orang yang bermental kuat tahu bahwa berkata tidak merupakan jalan yang sehat dan mereka akan memiliki harga diri dan pandangan ke depan yang jelas.

Kenali batasan untuk Anda dan yang lain, orang-orang yang secara mental kuat akan menghindari ungkapan-ungkapan seperti “Saya pikir saya bisa” atau “Saya tidak yakin.” Jika Anda ragu menyanggupi permintaan, coba pikirkan alasan di baliknya.

Pengusaha yang kuat secara mental juga tahu bagaimana mengendalikan diri dengan mengendalikan diri dengan mengatakan tidak pada diri mereka sendiri. Mereka menunda gratifikasi dan menghindari tindakan impulsif yang menyebabkan bahaya.

#4 Mampu Menetralisir Difficult People

Menghadapi orang yang sulit memang bisa membuat frustasi dan melelahkan. Namun, orang yang bermental kuat akan dapat mengendalikan interaksi mereka dengan orang-orang yang sulit ini.

Mereka dapat mengendalikan perasaan terhadap si “biang kerok” ini dengan mendekati situasi secara rasional. Mereka mengidentifikasi emosi mereka dan tidak membiarkan kemarahan atau frustrasi memicu kekacauan.

Di sisi lain, mereka juga mempertimbangkan sudut pandang orang ini, dan dapat menemukan kesamaan dan solusi untuk memecahkan masalah. Bahkan, ketika segala sesuatunya sudah diluar kendali, orang yang bermental kuat dapat membawa orang ini menjadi lebih baik tanpa harus menjatuhkannya.

#5 Tidak Takut Akan Perubahan

Pengusaha bermental kuat itu fleksibel dan terus beradaptasi. Mereka tahu bahwa ketakutan akan perubahan melumpuhkan dan merupakan ancaman besar bagi kesuksesan dan kebahagiaan mereka. Pengusaha yang sukses akan melihat perubahan-perubahan yang mengintai mereka, dan membentuk rencana tindakan jika perubahan terjadi.

Pengusaha yang bermental kuat harus memiliki pikiran yang terbuka dan membuka tangan, jika Anda ingin mengenali dan memanfaatkan peluang yang akan berubah.

#6 Menerima Kegagalan

Pengusaha yang sukses mengetahui bahwa kegagalan bukan akhir dari permainan dan tidak boleh takut mengalaminya, karena tidak ada yang pernah mengalami kesuksesan sejati tanpa pernah mengalami kegagalan. Kegagalan dapat membuka jalan bagi Anda untuk sukses.

Terobosan besar biasanya datang pada saat Anda merasa paling frustasi dan terjebak. Rasa frustasi inilah yang memaksa Anda untuk berpikir secara berbeda, dan melihat ke luar zona nyaman Anda, juga melihat solusi yang telah Anda lewatkan.

Warren Buffet Sulit untuk Sukses Berinvestasi Jika Anda Tidak Berpikir Independen

#7 Tidak Memikirkan Kesalahan

Pengusaha bermental kuat dapat bersyukur saat mengalami kegagalan dan tidak memikirkan kesalahan. Orang bermental kuat tahu dimana perhatian harus difokuskan. Bila Anda terlalu memikirkan masalah yang Anda hadapi, maka Anda justru bisa menciptakan dan memperpanjang stres dan emosi negatif yang dapat menghambat kinerja.

Bila Anda fokus pada tindakan untuk memperbaiki keadaan, maka Anda menciptakan kepercayaan diri, yang menghasilkan emosi positif untuk meningkatkan kinerja. Orang-orang yang kuat secara mental akan berusaha bangkit dari kesalahan, tetapi mereka melakukannya tanpa melupakan kesalahan itu.

Pengusaha yang kuat mental tidak akan membuang waktu atau energi untuk mengukur orang lain dan mengkhawatirkan apakah orang lain mengukurnya mereka atau tidak. Bila Anda merayakan kesuksesan orang lain, Anda berdua diuntungkan.

Kesimpulan

Kekuatan mental bukanlah kualitas warisan yang diberikan pada beberapa orang terpilih. Hal itu bisa diraih dan dinikmati, jika Anda mau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: